MENGHITUNG VOLUME TABUNG
Dari gambar yang Anda unggah, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat program di Scratch seperti yang ditampilkan:
Mendefinisikan Variabel:
Klik menu "Variabel" di panel blok.
Buat variabel baru bernama luas lingkaran, jari jari, dan tinggi.
Pastikan semua variabel ini tercentang untuk ditampilkan di layar.
Blok untuk Menghitung Luas Lingkaran:
Gunakan blok atur [variabel] ke [nilai].
Isi blok dengan formula menghitung luas lingkaran: 3.14 * jari jari * jari jari.
Masukkan nilai jari jari sebagai input dari pengguna nanti.
Memulai Program:
Gunakan blok ketika sprite ini diklik.
Tambahkan blok siarkan [pesan baru] dan beri nama pesan tersebut "mulai".
Menangkap Input dari Pengguna:
Gunakan blok ketika aku menerima [pesan] dengan pesan "mulai".
Tambahkan blok tanya [pertanyaan] dan tunggu.
Tulis pertanyaan "Masukkan jari-jari tabung" di dalam blok ini.
Simpan jawabannya di variabel jari jari menggunakan blok atur [variabel] ke [jawaban].
Meminta Tinggi Tabung:
Tambahkan lagi blok tanya [pertanyaan] dan tunggu.
Tulis pertanyaan "Masukkan tinggi tabung".
Simpan jawabannya di variabel tinggi dengan blok atur [variabel] ke [jawaban].
Menghitung Volume Tabung:
Tambahkan blok untuk menghitung volume tabung, yang menggunakan rumus: luas lingkaran * tinggi.
Atur hasilnya ke variabel baru bernama volume tabung.
Menampilkan Hasil:
Gunakan blok siarkan [pesan] untuk menampilkan hasilnya di layar.